BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

S P C E.com : Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone Android, membuat memori internal smartphone Android yang kamu miliki menjadi cepat penuh. Hal-hal yang menyebabkan memori internal smartphone Android penuh biasanya karena terlalu banyak meng-install aplikasi, game, banyaknya file yang di-download dan semacamnya.

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal Android yang penuh tanpa aplikasi apa pun. Nah, berikut ini Jaka berikan 5 cara tercepat mengatasi memori penuh smartphone Android tanpa aplikasi.

1. Hapus Cache Map pada Google Map

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB


Hapus cache map adalah cara pertama untuk mengatasi memori yang cepat penuh. Saat ini rata-rata smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur GPS dan aplikasi bawaan Google Map. Saat kamu menggunakan Google Map untuk pergi ke tempat tujuan dan menggunakan offline map maka hal ini menjadi salah satu penyebab memori internal smartphone Android kamu cepat penuh.

Pada aplikasi Android Google Map, pilih menu yang ada di sebelah kiri atas. Kemudian pilih Offline Areas. Selanjutnya kamu akan menemukan pilihan hapus pada Offline Area yang tersimpan.

2. Hapus Sinkronisasi Playlist yang Sudah Lama Tidak Diputar

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

Beberapa aplikasi Android pemutar musik online seperti Spotify memberikan banyak pilihan playlist lagu-lagu terbaik. Lagu-lagu pada aplikasi Spotify ini dapat kamu download dengan mudah. Nah, ini merupakan salah satu penyebab memori internal smartphone Android penuh.

Maka dari itu, buka aplikasi Spotify kemudian pilih Library dari menu utama (atau dari tab navigasi). Selanjutnya kamu akan melihat daftar sinkronisasi playlist yang berwarna hijau, dan artinya sudah kamu download. Kemudian pilih salah satunya dan hapus ceklis pada offline untuk menghapus file tersebut dari smartphone Android kamu.

Sementara untuk Google Play Music, kamu bisa cek Manage Downloads dari Menu Setting. Kemudian kamu akan melihat daftar lagu yang ada di smartphone Android kamu. Kamu hanya tinggal memberikan tanda ceklis pada setiap lagu yang mau kamu hapus dari playlist.

3. Hapus Foto dan Video yang Duplikat atau Tidak Perlu

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

Dengan semakin canggihnya fitur bawaan dari smartphone Android kamu seperti fitur kamera, biasanya kamu akan semakin betah untuk mengambil foto dan video. Mungkin karena terlalu banyaknya file foto dan video tersebut, membuat kamu tidak sadar bahwa banyak foto-foto dan video yang tidak begitu penting yang membuat memori internal Android kamu menjadi penuh.

Saatnya kamu untuk memilih-milih dan menyaring foto-foto dan video mana saja yang sudah tidak kamu perlukan. Kamu bisa juga memindahkan dahulu foto-foto atau video tersebut dari smartphone Android kamu ke media penyimpanan lain, seperti flash drive. Bahkan kamu bisa menjadikan smartphone Android kamu untuk support OTG agar bisa langsung memindahkan file.

4. Hapus File yang Sudah Tidak Digunakan dari Hasil Download Browser

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

Apakah kamu pernah mendownload file dari website ke smartphone Android kamu? Jika iya, coba cek kembali file-file yang sudah kamu download tersebut. Barangkali ada file berukuran besar yang sudah tidak kamu perlukan lagi. Hal ini akan membuat memori internal Android penuh. Pada browser Chrome, setiap file yang di-download akan secara otomatis masuk ke dalam folder download. Nah, cara mengatasi memori yang cepat penuh yaitu kamu hanya perlu mengecek folder download kemudian hapus file yang tidak perlu.

5. Hapus Game dan Aplikasi yang Sudah Lama Tidak Dimainkan

Tahukah anda ? 5 Cara Mengatasi Memori Penuh di Android Dengan RAM di Bawah 1 GB

Terlalu banyaknya aplikasi gratis yang dapat kamu download dan install pada smartphone Android kamu, biasanya akan membuat kamu lupa daratan dan membuat memori internal Android menjadi penuh. Pasalnya, beberapa game atau aplikasi Android mungkin sudah lama tidak kamu mainkan lagi.

Beberapa aplikasi atau game Android mempunyai data yang besar, khususnya untuk game Android HD bisa mempunyai ukuran data lebih dari 500 MB. Nah, jika memang kamu sudah lama tidak memainkan aplikasi atau game ini sebaiknya hapus saja untuk memperbesar memori internal smartphone Android kamu.

Sekarang kamu jadi tahu kan 5 cara tercepat mengatasi memori penuh di smartphone Android tanpa aplikasi. Jika kamu tidak mau pusing, kamu bisa juga menggunakan aplikasi Android System Tool yang akan membantu kamu dalam menjaga smartphone Android agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Jika kamu mempunyai cara lainnya silakan komentar ya.

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.

Type above and press Enter to search.