Breaking

logo

Minggu, 15 Juli 2018

Cara memperbaiki LCD Laptop Gambar Terlihat Pecah (Blang beling)

Cara memperbaiki LCD Laptop Gambar Terlihat Pecah (Blang beling)

S P C E.com : Assalamualaikum wr wb ! Hallo para pembaca setia jumpa lagi dengan coretan saya di web yang sederhana ini www.saifulcomelektronik.com

Sesuai dengan judul di atas yaitu cara memperbaiki LCD laptop Gambar Terlihat Pecah. Layar pecah tersebut berwarna ke hijau-hijauan di setiap gambar di monitor tersebut, padahal gambar tersebut tidaklah pecah. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat gambarnya di bawah ini :

Cara memperbaiki LCD Laptop Gambar Terlihat Pecah (Blang beling)

Masalah seperti ini memang banyak sekali kemungkinan kerusakanya. Kerusakannya mungkin saja bermasalah pada Driver, Chipset VGA, juga bisa pada Kabel Fleksibel. Kabel yang menuju dari motherboard ke monitor laptop itu sendiri. 

Driver 

Jika gambar seperti di atas, bisa saja kerusakannya ada pada driver laptop alias driver tidak mendukung, membuktikanya bisa kita coba apakah memang dari drivernya atau dari faktor lain, caranya tinggal masuk ke BIOS & lihat apakah layarnya terlihat pecah atau tidak.

Kalau tidak berarti masalah ada pada LCD atau Chipset atau juga kabel Konektor Motheboard  (fleksibel) yang menuju ke LCD.

LCD

Nah, selanjutnya setelah proses di atas di lalui, kemungkinan kedua yang rusak adalah LCD. Untuk membuktikannya kita harus melakukan test menggunakan monitor komputer. Amati apakah  terlihat normal atau masih terlihat pecah, kalau terlihat normal maka bisa jadi LCDnya yang rusak.

Tapi tunggu dulu jangan terlalu cepat memvonis Lcdnya yang rusak. kita harus melakukan test yang ketiga, yaitu mengetes chipset.

Chipset

Kemungkinan ketiga kerusakan seperti layar diatas bisa juga kerusaknnya ada pada chipset yang rusak, namun jika test kedua telah dilewati dan layar terlihat normal maka chipsetnya baik-baik saja tidak mengalami kerusakan apapun pada chipset.

Jika chipset yang rusak pastinya pada test kedua juga layar masih terlihat pecah seperti terlihat pada gambar di atas. Solusinya chipset harus di ganti.

Kabel Fleksibel

Kerusakan pada kabel fleksibel, Nah, setelah kita lakukan beberapa test diatas namun gambar masih  terlihat pecah kehijau-hijauan seperti gambar diatas. saya bisa pastikan, kemungkinan besar kerusakannya ada pada kabel penghubung  (fleksibel) dari motherboard ke modul ticon LCD.

Jika kita sudah melakukan beberapa test diatas mulai dari bios sampai ke pengetesan chipset tampilan  masih OK. pastinya kerusaknnya ada pada kebel fleksibel LCD.

Solusinya :
Perbaiki atau lakukan penggantian kabel fleksibel tersebut.

Untuk proses perbaikanya silakan anda lihat video di bawah ini ; atau ingin melihat video yang lainya bisa anda kunjungi Channel DISINI

Video


Dan setelah melakukan perbaikan kabel fleksibel atau telah mengganti kabel tersebut dengan benar, maka layar LCD kembali normal atau tidak pecah seperti gambar di atas. Perhatikan gambar di bawah ini setelah saya memperbaiki kabel fleksibel yang ada pada laptop tersebut.

Cara memperbaiki LCD Laptop Gambar Terlihat Pecah (Blang beling)

Penutup

Oke sahabat pembaca setia S P C E.com demikian dulu yang dapat saya shere di kesempatan kali ini semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. SALAM,......