BSCpTpMlGfC7TfWlGfA7TUW7Ti==

Rangkaian Mic Condenser Super Peka dan Sederhana

Rangkaian Mic Condenser Super Peka dan Sederhana
Assalamualaikum wr wb, hallo para pembaca setia, rasanya telah lama kita tidak berjumpa sua di web blog sederhana ini ! Apa kabar anda para pembaca ? Tentunya sehat dan tidak kurang satu apapun.

Rangkaian Mic Condenser Super Peka dan Sederhana

Saya yakin, anda para pembaca setia web blog ini S P C E.com hobi berkaraoke. Nah, Jika iya, tentunya anda harus memiliki satu alat wajib yang harus anda miliki. Apa iru ? Apalagi jika bukan microphone. Betul kan ?,.... 

Seperti yang kita tahui mic merupakan berfungsi sebagai menangkap suara dan merubah suara tersebut menjadi gelombang listrik.

Kemudian suara yang ditangkap tersebut nantinya akan dialirkan ke rangkaian preamp kemudian dari preamp menuju ke amplifier ataupun penguat akhir. Jika didunia sound system dari mic menuju ke mixer compresor, effect dan terakhir menuju ke power ampli (amplifier) dengan daya yang cukup besar.

Nah, bagus atau tidaknya suara yang dihasilkan juga tergantung dari mic yang kita gunakan. Secara garis besar, ada dua jenis mic yang ada saat ini. Yang pertama adalah mic condenser dan yang kedua adalah mic dynamic.

Nah, diantara dua jenis mic tersebut, mic condenser lah yang paling banyak dicari karena sifatnya yang lebih simpel dan mudah digunakan. Biasanya mic condenser memiliki ukuran mini, walaupun ada pula beberapa brand tertentu yang meluncurkan mic condenser dengan ukuran yang sangat besar.

Cara Membuat Mic Condenser Mini

Bagi anda yang belum tahu apa itu mic condenser ? mic condenser adalah mikrofon yang terdiri dari kapasitor dengan lempeng / plat tetap di dalamnya yang membentuk diafragma dan akan bekerja jika ada gelombang suara yang masuk tepat mengenai ruang antara membran tipis dari lempeng plat tersebut. Mic condenser sifatnya lebih sensitif ketimbang mic dynamic.

Mic condenser dapat merespon suara yang jauh dan dengan frekuensi tinggi. Mic jenis ini tidak dapat bekerja jika tidak diberikan tegangan. Berbeda dengan mic dynamic yang bisa langsung digunakan setelah terhubung ke pre amp mic. Tak sedikit orang yang mengira bahwa membuat set mic condenser sendiri adalah hal yang sulit dilakukan.

Padahal sebenarnya tidak. Kita bisa membuat mic condenser mini sederhana sendiri menggunakan komponen-komponen elektronika dasar. Untuk kualitasnya terbilang super peka, tidak kalah jika dibanding dengan mic kondenser siap pakai yang dijual di pasaran.


Pembuatan

Daftar komponen yang dibutuhkan :

  • R1 = Resistor 10K
  • R2 = Resistor 220K
  • R3 = Resistor 5,6K
  • R4 = Resistor 560
  • C1 = Kapasitor 1 uf/50v
  • C2 = Kapasitor 47 uf/50v
  • C3 = Kapasitor 4,7 uf/50v
  • VR = Variabel resistor 50K
  • TR = Transistor C828
  • Mic = Mic condenser

Simpel bukan ? Cara membuat mic condenser ? Semua komponen bisa kita temukan di toko elektronik dengan mudah. Anda bisa beli secara offline maupun online di toko-toko komponen elektronika, Harganya sangat terjangkau dan tidak menguras kantong.

Penutup

Baik para pembaca setia S P C E.com, demikian dulu artikel kali ini semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan bermanfaat juga buat semua orang. Selamat mencoba dan SALAM,....

Comments0

Ketentuan berkomentar disini, maupun berkomentar di Comments Plugin facebook:
1. Dilarang menautkan link aktif maupun mempastekan link mati
2. Dilarang berkomentar di luar topik (OOT),
3. Dilarang promosi, dan komentar-komentar yang tidak sopan yang anda tidak sukai juga
4. Komentar Kurang sopan, jadi komentar seperti itu tidak di tampilkan. pastinya akan di hapus
5. Terima Kasih Atas perhatiannya.

Provisions comments here, nor commented on Comments Plugin Facebook
1. It is forbidden to link active link and paste mem dead link
2. Prohibited commented off-topic (OOT),
3. The promotion is prohibited, and the comments were disrespectful that you do not like too
4. Comments Less politely, so comments like that are not in the show. certainly will be deleted
5. Thank you for your attention.