Blog Indonesia
Live
wb_sunny

Breaking News

Smartphone Android yang Bisa Dipasang Gcam (Google Camera)

Smartphone Android yang Bisa Dipasang Gcam (Google Camera)

Hallo gusy !! Kalian ingin memasang Google Camera modifikasi alias Gcam di smartphone Android kalian ? Jika iya saya sarankan kenali dulu ciri-ciri smartphone apa saja yang bisa dipasang aplikasi Gcam di smartphone kalian.

Saat ini Gcam menjadi salah satu aplikasi kamera paling populer dibanding yang lainnya, fitur unggulan yang ada pada kamera bawaan Google Pixel, mulai dari potrait, HDR+ Enhanced, hingga Night Sight. Belum diketahui kapan modifikasi Gcam ini pertama kali diluncurkan ke ranah pasaran, namun penggunaannya mulai di kenal secara luas mulai terasa sejak November 2017 lalu.

Saat ini sudah ada lebih dari 20 developer yang ikut mengembangkan Gcam (Google Camera) untuk berbagai smartphone. Lewat situs Celso Azevedo, para developer Gcam mulai menggulirkan aplikasi modifikasinya untuk bisa didownload gratis oleh pengguna.

Namun yang menjadi masalah, tidak semua smartphone Android mendukung penggunakan Gcam untuk mengambil foto maupun video. Ada beberapa smartphone yang bisa menjalankan Gcam dengan lancar, antara lain:

Mendukung Camera2 api


Agar Gcam bisa berjalan dengan lancar, kita harus memastikan smartphone yang kita miliki sudah mendukung Camera Api2.

Apa itu Camera2 API ? Camera2 API yaitu singkat dari Camera2 API merupakan sebuah framework yang memungkinkan developer untuk mengakses fitur-fitur kamera yang meliputi, exporsure, focus hingga ISO.

Camera2 API ini pertama kali diperkenalkan pada ajang Google I/O 2014 lalu, fungsi api ini developer bisa mendapatkan akses penuh untuk melakukan kostumisasi dan optimalisasi pada aplikasi kamera buatannya.

Nah, karena aplikasi Gcam membutuhkan akses Camera2 API tersebut, tentunya smartphone harus bisa memberikan akses Camera2 API. Untuk mengecek apakah smartphone kita sudah mendukung Camera2 API tersebut caranya cukup mudah pastikan 2 aplikasi ini terinstal di smartphone.
  1. Silakan instal aplikasi Manual Camera Compatibility Test di smartphone, jika semua terceklis, itu berarti smartphone anda mendukung.
  2. Kedua menggunakan aplikasi Camera2 API Probe, pastikan data Hardware Support Level menunjukan akses Level 3 atau Full, karena jika Lecagy atau Limited berarti belum mendukung.
Prosesor


Setelah di teliti Gcam (Google Camaera) modifikasi berjalan maksimal pada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, tentunya yang sudah didukung Camera2 API. Yang perlu diketahui adalah semakin tinggi prosesor tersebut, maka akan semakin cepat pemrosesan gambarnya.

Nah, saat ini untuk pengguna smartphone dengan prosesor selain Snapdragon, seperti Exynos, MediaTek dan juga Kirin tidak perlu berkecil hati. Karena beberapa developer saat ini sudah membuat Gcam yang support untuk prosesor selain tersebut, namun mungkin fitur yang bisa berjalan tidak sebanyak pengguna prosesor snapdragon biasanya.

Penutup

Oke pembaca setia S P C E.com Itulah beberapa smartphone yang mendukung penggunaan aplikasi Gcam. Untuk aplikasi Google Cameranya bisa langsung ditemukan di situs Celso Azevedo dan SALAM,....

Tags

Langganan

Temukan artikel menarik setiap harinya, secara GRATIS! langsung ke EMAIL anda