News Breaking
Tube
wb_sunny

Breaking News

Cara membuat inverter dari 12 volt ke 230 volt !!! skema inverter,2015

Cara membuat inverter dari 12 volt ke 230 volt !!! skema inverter,2015

S P C E.com : Selamat pagi,selamat siang dan selamat malam teman-teman semua dimanapun berada. kali ini saya akan berbagi kembali buat anda semua yaitu tentang inverter yang lebih keren lagi dari sebelumnya  12 volt DC menjadi 230 Volt AC.

Cara membuat inverter dari 12 volt ke 230 volt !!! skema inverter,2015


Nah apa bila anda ingin membaca juga artikel saya tentang inverter sebelumnya klik Membuatinverter sederhana menjadi dimer lampu neon dan satu lagi Membuat inverter sederhana 12 volt menjadi220 volt namun yang artikel ketiga ini berbeda lagi dan lebih keren cara kerjanya dari sebelumnya, hanya mengunakan battrai 12 dapat bertahan 50 menit lamanya. Apabila anda ingin mencobanya di rumah silakan saja. Ettt tapi tunggu dulu, baca dulu sampai habis artikel singkat ini,…..

Cara membuat inverter ini cukup gampang dan mudah, komponen yang di perlukan tidak terlalu susah mencarinya di pasaran, karna banyak di jual di pasaran. Harganya juga tidak begitu mahal. Bahkan anda juga bisa memakai komponen bekas kalau ada. Karna inverter ini bisa dipakai sebagai penganti UPS di rumah anda, pastinya Lebih mahal membeli UPS 1000% dari pada membeli komponen inverter ini. Dan anda juga dapat merakitnya sendiri di rumah.

Dari pada bertele - tele berikut di bawah ini komponen dan bahan serta alat dalam pembuatan inverter ini sahabat S P C E.com.

Komponen yang dibutuhkan cukup sederhana hanya berupa :
  • Trafo 10 Amper CT ( lebih besar ampernya lebih bagus di bawah 10 amper juga bisa 5,3,2,1 yang saya pakai 10 amper bekas dari tipe saya)
  • Transistor Mosfet 2 buah
  • Transistor NPN 2 Buah
  • Kapasitor 2.2 nF 2 Buah
  • Resistor 680 Ohm 2 Buah
  • Resistor 4.7KΩ Kilo Ohm 2 Buah
  • Battrai Aki 12 Volt Ampernya max 7 amper
Alat yang di butukan untuk merakitnya :
  • Solder
  • Timah solder
  • Tang
  • Obeng jika diperlukan
Sesudah bahan 7 poin dan 4 poin di atas lengkap, sekarang process prakitannya :
Process perakitan ini sebernarnya gampang dan mudah namun membutuhkan ketelitian pada saat menentukan kaki-kaki pada transistor agar jangan sempat terbalik, karna jika terbalik pastinya komponennya tidak akan bekerja.

Bagian transistor tentunya mempunyai tiga kaki ada K (kolektor),E (emitor), B (basis) dan transistor mospet hampir sama ada tiga kaki juga namun namanya berbeda, G (gate), D (drain), S (source). Perhatikan gambar di bawah ini prakitan komponen yang sudah jadi :

Cara membuat inverter dari 12 volt ke 230 volt !!! skema inverter,2015

Nah untuk lebih jelasnya saya sudah siapkan gambar sekema rangkainya silakan di ikuti gambar skemanya, untuk memudahkan process cara merakitnya agar jauh dari kesalahan pada saat menyambung antara komponen satu dengan yang lainya.

Dan yang mau mencoba merakit inverter ini di rumah. Silakan anda ikuti jalur-jalur pada gambar skema di bawah ini kemanakah kaki-kaki transistor,mosfet,kapasitor, resistor dan tranformator ( trafo ) di sambungkan hingga menjadi suatu alat inverter. Hasilnya akan menjadi seperti di atas

Cara membuat inverter dari 12 volt ke 230 volt !!! skema inverter,2015

Hanya ini yang dapat saya bagi buat teman-teman sekalian, kiranya dapat bermamfaat buat anda dan buat semua orang. Dan juga apa bila anda menyukia artikel satu ini silakan anda bagikan ke teman-teman sobat lewat, facebook, twitter, google +, tumbrl dan lainnya. Dan tak lupa juga saya mengucapkan trima kasih telah berkunjung ke web www.saifulcomelektronik.com saya yang sederhana ini.

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!