News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Paket bocoran kunci jawaban UN ditebus dengan harga Rp1 juta sampai dengan Rp 3 juta

Paket bocoran kunci jawaban UN ditebus dengan harga Rp1 juta sampai dengan Rp 3 juta

Paket bocoran kunci jawaban UN ditebus dengan harga Rp1 juta sampai dengan Rp 3 juta

S P C E.com : Mendekati proses Ujian Nasional (UN) 2016 tingkat SMA, beberapa pelajar digemparkan dengan wacana ada bocoran soal UN 2016 beserta kunci jawabannya. Paket bocoran  serta kunci jawaban UN itu bisa ditebus dengan uang sebesar  1 juta sampai 3 juta. 

Menurut pernyataan A (17) salah seseorang pelajar SMA di Banyuasin, dia memperoleh tawaran soal serta kunci jawaban UN dari kenalannya di sosial media. Satu paket masalah ujian nasional 2016 di bandrol seharga 1 juta sampai 3 juta. Harga beragam, bergantung type serta kelengkapan soal. 

“ Kalau soalnya saja tanpa ada kunci jawaban, dapat diberi 1 juta. Bila lengkap dengan kunci jawaban, dapat hingga 3 juta. Memanglah lumayan mahal, namun apabila dibeli patungan, tidaklah terlalu, ” tuturnya. 

A mengimbuhkan, paket bocoran soal serta kunci jawaban UN 2016 itu baru bakal diberikan satu hari mendekati proses UN. Paket diberikan mencicil, sesuai sama mata pelajaran yang diujikan /harinya. 

“ Soalnya di kirim lewat e-mail, baik yang system CAT atau LJK, ” katanya. 

Menurut beberapa pelajar yang sudah lulus, lanjut A, bocoran soal UN 2016 itu memanglah ada serta sebagian besar sama persis. “Tapi saya masihlah sangsi, saksikan rekan-rekan dahulu bagaimana, ” tuturnya. 

Disamping itu Kepala Dinas Pendidikan Banyuasin Umar Usman menyatakan janganlah yakin dengan hal sejenis itu. Masalah ujian nasional 2016 memanglah telah didistribusikan ke tiap-tiap sub rayon, namun dijaga ketat oleh petugas. Jadi, tegasnya, mustahil ada kebocoran masalah serta kunci jawaban UN 2016. 

“ Saya meyakini, hal semacam itu cuma akal-akalan oknum untuk menipu, ” tuturnya. 

Jikalau betul-betul ada, janganlah sekali-kali ikut serta, lantaran mengakibatkan dapat fatal. Bukan sekedar punya pengaruh pada kelulusan, namun dapat juga masuk ke ranah hukum. 

“ Kalau ingin lulus Ujian Nasional 2016 dengan nilai bagus, ya belajar dengan baik serta berdoa, tak perlu dipengaruhi dengan hal seperti itu, ” tuturnya.
Baca Artikel Berikutnya

Tags

Langganan Artikel

Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!