Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt

- Advertisement -
S P C E.com : Hallo para pembaca, kembali di kesempatan kali ini saya mencoba berbagi buat anda yaitu membuat Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt. Nah, Bagi sobat yang hobi elektronika tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya inverter ?

Inverter merupakan sebuah alat untuk mengubah atau mengkonversi arus listrik searah (DC) menjadi arus listrik (AC) .

Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt

Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt

Pada saat ini keberadaan inverter sangatlah penting bagi beberapa kalangan, karena memang manfaatnya yang sangat banyak. Misal pada saat listrik padam, inverter dapat digunakan untuk mensuplay listrik alat-alat elektronik yang notabene kebanyakan menggunakan listrik jenis AC. Biasanya sumber listrik yang dikonversi oleh inverter berupa baterai maupun accumulator.

Inverter 12 Volt DC menjadi 220 Volt AC

Jika anda masih pemula dan baru mengenal inverter, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat inverter sederhana yang satu ini sendiri menggunakan komponen atau bahan yang tidak banyak. namun komponennya banyak di jual di pasaran.

Buat anda yang ingin tahu dan ingin membuat inverter sederhana, berikut skema rangkaian inverter yang bisa anda coba, tentunya dengan komponen dan bahan sederhana.

Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt

Bagaimana sahabat pembaca s p c e.com, sangat sederhana bukan ? Namun untuk rangkaian inverter yang lebih sederhana lagi bisa anda kunjungi DISINI

Rangkaian inverter tersebut merupakan rangkaian inverter yang dapat mengubah listrik DC 12 volt menjadi listrik AC 220 volt dengan daya 1.000 watt. Meskipun rangkaiannya sederhana dan komponen elektronika yang dibutuhkan tidak banyak, daya inverter yang dihasilkan terbukti bisa bekerja dengan baik.

Anda bisa menggunakan sumber energi listrik DC 12 volt dari accumulator / aki atau yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Jika anda masih bingung, saya akan berikan info lengkap mengenai daftar beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat inverter DC to AC dari 12 VDC ke 220 VAC.

  • 1 buah Trafo 12 volt CT 10 Amp atau lebih
  • 2 buah Transistor mosfet IRFZxx seperti IRFZ44 atau persamaannya
  • 2 buah Transistor NPN c945
  • 1 buah Kotak PCB
  • 1 buah Resistor 470 ohm
  • 2 buah Resistor 4k7 ohm
  • 1 buah Kapasitor 10 uf
  • 2 buah Kapasitor 100 nf
  • 1 buah IC 78L12

Selain beberapa bahan di atas perlu juga menyiapkan alat-alat pendukung dalam pengerjaan untuk membuat inverter DC ke AC dari 12 VDC ke 220 VAC seperti solder timah, gunting, obeng, cutter, dan lain sebagainya. sebaiknya bisa juga anda menambahkan sekring atau fuse untuk pengaman pada rangkaian inverter tersebut.

Penutup:

Demikian yang dapat saya share di kesempatan kali ini, semoga artikel Membuat Rangkaian Inverter 12 Volt DC Jadi 220 Volt AC Sederhana 1000 Watt ini bermanfaat buat anda dan buat semua orang. dan nantikan juga artikel berikutnya hanya di S P C E.com

Ingin menerima info menarik dari kami ?